Kenali Blok-blok Yang Ada Pada Panel AMF ATS

Kebutuhan terhadap genset sekarang ini sudah merupakan kebutuhan yang begitu penting di lingkungan kita, terlebih saat listrik dari sumber utama seperti PLN padam. Dari begitu banyak hal yang terdapat pada rangkaian mekanisme kerja genset, tidak ada salahnya untuk mengenal panel amf ats terbaik. Dan dari panel tersebut kiranya yang cukup menarik untuk dibahas yakni tentang sistem ATSnya.

ATS sendiri merupakan salah satu modul yang terdapat pada panel amf ats dan merupakan sistem memungkinkan genset dapat mengalirkan listrik dengan otomatis menuju beberapa perangkat bertenaga listrik yang dihubungkan dengan genset. Hal tersebut dilakukan oleh ats segera setelah listrik dari sumber utama padam, sebaliknya ketika listrik sumber utama sudah kembali hidup, maka sistem ATS pun akan memutus otomatis aliran listrik dari genset menggunakan kontak relay.

Lebih lanjut tentang sistem ats dari panel amf ats terbaik, diketahui bahwa setidaknya ada 3 blok utama yang terdapat pada sistem ats tersebut. Ketiga blok yang dimaksud yaitu sebagai berikut.

  1. Blok 1

Blok pertama merupakan blok detektor yang berguna sebagai detektor ketika listrik dari sumber utama seperti PLN berada dalam keadaan hidup atau mati. Di dalam blok ini terdapat satu jaringan atau instalasi listrik yang berguna sebagai blok stop maupun starter yang terhubung dengan rangkaian seri ke genset ataupun ke listrik utama.

  1. Blok 2

Blok yang berikutnya dalam panel amf ats yaitu blok relay detektor alias blok yang dipakai untuk menjadi detektor atas kekuatan tegangan dari genset. Ketika listrik utama padam, maka sinyal akan dikirim menuju ke blok kedua ini guna menghidupkan stabilisator tegangan setelah genset mulai bekerja.

  1. Blok 3

Blok yang terakhir erat hubungannya dengan starter engine alias rangkaian peralatan listrik yang dipakai untuk secara langsung menghidupkan mesin genset. Umumnya pada blok ini dipasang dua accu dalam keadaan  stand by agar tegangan lebih stabil.

Demikian sedikit pembahasan tentang blok-blok yang terdapat pada panel ats amf terutama pada sistem ats. Semoga informasi kali ini dapat benar-benar bermanfaat untuk para pembaca sekalian yang memang tertarik mempelajari perihal panel tersebut.

Tagged : /

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *